Wisata Pantai Sembilan Gili Genting, Dongkrak Ekonomi Lokal

0
12
Lokasi Pantai Sembilan dengan Pasir Putih yang Terhampar (Ist)

SUMENEP, Inspirasibangsa (7/7) — Wisata Pantai Sembilan Gili Genting Sumenep Madura mampu dongkrak ekonomi lokal lintas sektoral. Mulai dari pelaku ekonomi sektor pelayaran rakyat (pelra), makanan lokal dan cinderamata, perparkiran, hingga guide wisata dari masyarakat lokal.

Ketertarikan wisatawan berkunjung ke pantai Sembilan Gili Genting, karena keindahan alam yang ditawarkan, biaya yang murah meriah, serta akses yang cukup mudah untuk dilalui.

“Cukup merogoh kocek Rp 5 ribu untuk tiket masuk, dan Rp 20 ribu untuk tiket perahu pulang-pergi dari Pelabuhan Tanjung (red: Pulau Madura) ke Pelabuhan Bringsang (red: Pulau Gili Genting), wisatawan sudah bisa menikmati indahnya Pantai Sembilan Gili Genting,” ungkap Ali Shodiqin, salah seorang guide wisata asal Gili Genting.

Menurut Ali, tak kurang dari 3.000 wisatawan per hari berlibur ke Pantai Sembilan Gili Genting. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sembilan bukan saja berasal dari Pulau Madura, dari luar Madura juga banyak. Rata-rata wisatawan, membawa oleh-oleh khas kepulauan Gili Genting sebagai oleh-oleh. Misalnya, gula merah dari nira buah lontar, kerupuk ikan, kaos khas Pantai Sembilan, hingga cinderamata.

“Kebanyakan dari wisatawan memburu gula merah dari nira buah lontar. Karena gula merah seperti itu hanya ada di Pulau Gili Genting, dan rasanya enak,” tambah Ali.

Ali berharap, akan banyak sektor lain yang bisa dikembangkan untuk mendukung keberadaan Wisata Pantai Sembilan Gili Genting. Khususnya sektor kekayaan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Gili Genting. Sehingga, keberadaan wisata benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Gili Genting.

“Untuk jenis makanan dan cinderamata, sangat banyak yang bisa dikembangkan. Hanya saja, produk yang dihasilkan harus bernilai jual. Artinya, kualitas harus diutamakan agar wisatawan merasa puas,” pungkas Ali. (Ham)