Untuk Jaga Kestabilan Pangan, Tiga Kementerian Lakukan Pemantauan

0
29
Ist

SUMENEP, Inspirasibangsa (6/6) — Untuk menjaga kestabilan harga pangan di bulan Ramadhan, tiga kementerian memantau pergerakan harga komoditas setiap hari selama masa Ramadhan 1438 H/2017 M untuk memastikan harga stabil dan stok aman.

“Kami memang dipanggil oleh Presiden beberapa hari lalu. Kami diinstruksikan memantau pergerakan harga komoditas setiap hari,” kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Sumenep, Jawa Timur, Selasa (6/6), seperti dilansir dari republika.co.id.

Amran berada di Sumenep untuk menghadiri “Launching Kartu Tani” di Desa Beraji, Kecamatan Gapura. “Saat ini, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian BUMN diinstruksikan untuk memantau pergerakan harga setiap hari. Tidak lagi sepekan sekali,” ungkap Mentan.

Mentan, secara teknis, pihaknya dibantu personel satuan tugas (satgas) pangan di masing-masing daerah untuk memantau pergerakan harga dan stok komoditas. Sehingga dengan adanya pemantauan, akan diketahui jumlah komoditas di daerah setiap saat.

Pemantauan dilakukan setiap hari. Di mana, pemantauan rutin setiap hari itu agar bisa mendeteksi kemungkinan terjadinya hal-hal tak diinginkan. Sekaligus langsung mengambil langkah taktis sebagai solusi.

“Alhamdulillah, kondisi saat ini kondusif. Harga semua komoditas relatif stabil dan stok aman,” pungkas Amran. (Ham)