Tiket Pesawat Melonjak Jelang Lebaran

0
17
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (7/6) — Tiket pesawat naik mulai tanggal 20 Juni. Sedangkan untuk tanggal 19 Juni, harga tiket masih normal. Hal tersebut, seperti disampaikan oleh Ria, salah seorang karyawan swasta yang tinggal di daerah Sawangan Depok.

“Saya agak bingung, harga tiket pesawat naik mulai tanggal 20 Juni, untuk penerbangan Jakarta-Surabaya. Saya sudah ngecek di salah satu situs penjualan tiket online. Sementara saya di kantor baru libur hari Jumat tanggal 23 Juni. Mau gak mau, saya harus booking tiket di hari Sabtu tanggal 24 Juni,” ungkap Ria, yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta di daerah Jakarta Selatan.

Ria mengaku, kenaikan harga tiket di tanggal 24 Juni untuk kelas ekonomi hampir 100 persen dari harga normal. “Ya hampir seratus persen kenaikannya Pak. Saya gak tahu, apa hanya gara-gara lebaran, harga tiket jadi naik 100 Persen gitu,” ungkap Ria.

Ria berharap, sebaiknya pemerintah ikut Andil dalam pricing (red, penetapan harga) tiket jelang lebaran. Sehingga, perusahaan tidak serta-merta menaikkan harga tiket, hanya gara-gara Hari Raya Lebaran.

“Kita sebagai konsumen yang berkeinginan mudik ke kampung halaman, untuk sekadar berlebaran bersama keluarga. Mau gak mau pasti akan membelinya. Hanya saja, semoga pemerintah mau memberi jalan tengah, agar harga tiket tak naik hapir 100 Persen dari harga normal,” ungkap Ria, yang berniat untuk mudik ke Sumenep Madura, melalui penerbangan Jakarta-Surabaya.

Artinya, jangan hanya gara-gara hari Raya Lebaran, lalu perusahaan penerbangan menaikkan harga tiket sebesar-besarnya. “Walaupun naik, tentu harus rasional. Gak harus sampai hampir 100 persen,” pungkas Ria. (Ham)