Tentang PT SMART Tbk dan Golden Agri-Resources Ltd

0
18
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (23/5) — PT SMART Tbk (SMART) adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia. SMART tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

SMART adalah anak perusahaan Golden Agri-Resources Ltd (GAR), yang merupakan salah satu perusahaan berbasis kelapa sawit terbesar di dunia yang tercatat di Bursa Singapura. SMART juga mengelola seluruh perkebunan kelapa sawit GAR, dengan total luas areal tertanam mencapai 488.000 hektar (termasuk perkebunan plasma) di Indonesia.

Hubungan antar kedua perusahaan ini memberikan manfaat dengan skala ekonominya dalam hal pengelolaan perkebunan, teknologi informasi, penelitian dan pengembangan, pembelian bahan baku, dan akses terhadap jaringan pemasaran yang luas, baik domestik maupun internasional.

Perusahaan-perusahaan ini memfokuskan kegiatan usahanya pada produksi minyak sawit yang berkelanjutan. Di Indonesia, aktivitas utamanya mencakup pembudidayaan dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit dan inti sawit; pengolahan minyak sawit menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, dan biodiesel.

Selain minyak curah dan minyak industrial, produk hasil rafinasi SMART juga dipasarkan dengan beberapa merek dagang seperti Filma dan Kunci Mas. Kini, merek-merek tersebut dikenal dengan kualitasnya yang tinggi serta menguasai pangsa pasar yang signifikan di segmennya masing-masing di Indonesia.

GAR juga beroperasi di Tiongkok dan India termasuk mengoperasikan pelabuhan laut dalam, pabrik pengolahan biji minyak, dan fasilitas pengolahan untuk produk minyak nabati serta produk pangan lainnya seperti mie. (Ham)

Berita Terkait: SMART Umumkan Terobosan Pengembangan Material Tanam Sawit