Saudara Dari Suriname

0
25
Waroeng Jawa di tengah kota Suriname. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (20/5) — Suriname mengenal Jawa sebagai saudara tuanya. Negara yang dulu bernama Guiana Belanda ini, terletak Amerika Selatan, bekas jajahan Belanda. Negara ini berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik.

Yang menarik buat kita, di Suriname tinggal sekitar 75.000 orang Jawa. Tatkala, jaman penjajahan Belanda, mereka dibawa antara tahun 1890-1939. Sampai dengan hari ini, komunitas masyarakat keturunan jawa di sana, masih menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa pergaulan keluarga dan sesama warga keturunan Jawa.

Hubungan bilateral Indonesia Suriname, sebenarnya sudah dimulai sejak bulan Agustus 1951, ketika Suriname masih berada dibawah pemerintahan penjajah Belanda, dengan membuka kantor perwakilan pada tingkat Komisariat di Paramaribo.

Pada tahun 1964 pemerintah Indonesia membuka perwakilannya di Suriname pada tingkat Konsulat Jenderal. Hubungan Indonesia – Suriname meningkat sejak tahun 1975 setelah Suriname memperoleh kemerdekaan dari Belanda, dengan pembukaan perwakilan R.I pada tingkat Kedutaan Besar.

Presiden Soeharto pernah melakukan kunjungan ke Suriname pada tahun 1995. Kerjasama antara ke dua negara juga dipererat dengan berbagai kerjasama. Baik ekonomi maupun kebudayaan. (HG)