Rumah Zakat: Ciptakan Jiwa Kewirausahaan Remaja, Melalui Pelatihan Budidaya Lele

0
22
Kegiatan Budidaya Ikan Lele oleh Rumah Zakat (dok)

KEBUMEN, Inspirasibangsa (1/6) — Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat mengadakan pelatihan budidaya ikan lele. Tempat berlokasi di kediaman salah satu Fasilitator Desa Berdaya, yaitu Syarifudin. Pelatihan tersebut diikuti oleh 7 remaja putra asal Desa Blater, Poncowarno, Kebumen, Kamis (25/5).

“Pelatihan ini saya adakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada remaja di sekitar saya. Sehingga mereka dapat memiliki jiwa kewirausahaan sejak remaja,” ungkap Syarifudin.

Ketujuh remaja yang mengikuti pelatihan budidaya ikan lele tersebut, mendapatkan materi dari Risang Purnawan Nugrahanto, yang sudah berpengalaman di bidangnya selama empat tahun.

Pelatihan tersebut dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi materi dan sesi praktik. Pada sesi materi Risang menjelaskan seluk-beluk ikan lele dan cara budidayanya.

“Budidaya ikan lele termasuk mudah. Karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang terlalu besar. Kunci budidaya ikan lele ada dua hal, yaitu air dan pakan,” jelas Risang yang juga merupakan Ketua Remaja Masjid setempat.

Pada sesi praktik, para peserta diajarkan bagaimana membedakan jenis kelamin ikan lele, persiapan kolam, sortir lele dan praktik pemberian pakan ikan lele.

“Saya sangat senang ada program budidaya ikan lele untuk remaja dari Rumah Zakat. Kegiatan ini sangat positif. Karena mengajarkan kami untuk berwirausaha sejak remaja,” ujar Angga, salah satu peserta pelatihan.

Menurut Syarifudin, program tersebut tidak hanya sebatas untuk memberikan pelatihan saja.

“Bulan ini, kami mengadakan program pelatihan. Insya-Allah untuk ke depannya akan ada penyaluran lagi. Dan akan kami berikan modal budidaya lele untuk pembuatan kolam terpal, bibit dan pakan,” ujar Syarifudin.

Syarifudin menambahkan, dengan adanya program tersebut diharapkan program ini dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan para remaja dan memberikan alternatif kegiatan positif bagi remaja.

Selain itu, keuntungan yang nanti akan didapat sepenuhnya untuk kegiatan remaja masjid. Sehingga kegiatan remaja masjid bisa bertambah semarak. (Ham)