Revisi Menkeu: Rp 200 Juta Berubah Jadi Rp 1 Miliar

0
22
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (8/6) — Menkeu (Menteri Keuangan) Sri Mulyani lakukan revisi terhadap aturan tentang kewajiban bagi lembaga keuangan untuk melaporkan dana rekening nasabahnya kepada Ditjen Pajak. Di mana, semula batas yang harus dilaporkan ialah Rp 200 juta, kini berubah menjadi Rp 1 miliar ke atas.

“Mempertimbangkan data rekening perbankan, data perpajakan, termasuk yang berasal dari program amnesti pajak (tax amnesty), serta data pelaku usaha, pemerintah memutuskan untuk meningkatkan batas minimum nilai saldo rekening keuangan yang wajib dilaporkan secara berkala dari semula Rp 200 juta menjadi Rp 1 miliar,” kata Sri Mulyani dalam keterangan resmi yang dikeluarkan di Jakarta, Rabu (7/6) malam, seperti dilansir dari beritasatu.com.

Menanggapi hal tersebut, secara terpisah, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad memastikan aturan tersebut tidak akan memicu pelarian modal (capital flight) dari lembaga keuangan.

Aturan ini, justru akan memberikan banyak manfaat, bukan saja bagi masyarakat dan industri jasa keuangan di dalam negeri, tapi juga bagi perekonomian nasional secara umum.

Perlu diketahui, tanggal 31 Mei 2017 lalu, Menkeu menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis mengenai Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

Ini merupakan juklak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

Dan sebelumnya, berdasarkan PMK 70/2017, perbankan wajib melaporkan seluruh rekening nasabah orang pribadi domestik yang memiliki saldo minimal Rp 200 juta dengan rekam saldo akhir rekening per tanggal 31 Desember 2017, paling lambat pada akhir April 2018.

Sedangkan rekening entitas wajib dilaporkan tanpa merujuk batasan saldo minimal. Semoga, adanya perubahan dari Rp 200 juta menjadi Rp 1 miliar, tidak akan dirubah lagi oleh Menkeu. (Ham)