Pemudik Motor Bisa Gunakan Jalur Laut Gratis

0
19
Saat Dirjen Hubla Lepas 841 Motor Kembali ke Rumah. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (10/6) — Kesiapan pemerintah untuk menyambut musim mudik dari darat, udara dan laut terus dibenahi. Salah satunya lagi jalur laut, angkutan Lebaran tahun ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor termasuk dengan menggunakan moda kapal laut dengan rute tujuan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Pelaksanaan mudik gratis ini rencananya akan dilakukan empat kali perjalanan PP dengan total kuota angkut 10.000 sepeda motor dan 20.000 penumpang. Adapun untuk waktu keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok pada 17, 19, 21 dan 23 Juni 2017. Sedangkan waktu kepulangan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang 30 Juni, 2, 4 dan 6 Juli 2017.

Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis dengan kapal laut sudah bisa mendaftarkan secara online melalui alamat website mudikgratis.dephub.go.id sejak 30 Mei 2017 yang lalu sampai dengan 15 Juni 2017, jelas Dirjen Hubla A. Tonny Budiono seperti dilansir Bisnis.com.

Selain melalui pendaftaran online, pendaftaran mudik gratis dengan kapal juga dapat dilakukan secara offline di tiga lokasi pendaftaran yaitu Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, GOR Balai Rakyat Jalan Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur, dan GOR Ciputat Tangerang Selatan.

Mudik gratis menggunakan kapal laut merupakan salah satu komitmen Ditjen Hubla untuk mengurangi tingkat kepadatan di jalan serta untuk menurunkan tingkat kecelakaan sepeda motor.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengimbau para pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh, sehingga mudik gratis dengan kapal laut ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat.

Untuk itu, saya imbau pada para pemudik, khususnya yang akan mudik dengan sepeda motor untuk dapat memanfaatkan program mudik gratis sebaik-baiknya sehingga diharapkan kepadatan jalan dan potensi kecelakaan dapat berkurang, ujar Tonny. (Lang)