Pemerintah Percepat Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Trans Jawa, Sebelum 2018 Sudah Selesai

0
25
Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (2/7)Keberadaan ruas tol fungsional Trans Jawa sangat membantu arus mudik dan balik lebaran kemarin. Boleh dibilang jalan tol itu masih belum sempurna alias belum jadi, tapi banyak digunakan oleh pemudik. Artinya, keberadaan tol itu bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Melihat itu, pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah mengoperasikan beberapa seksi ruas tol di Brebes Timur-Weleri yangsebetulnya belum jadi 100 persen atau disebut juga tolfungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2017 banyak peminat.

Karena itu, pemerintah berharap dalamparuh kedua 2017 ini, pembangunan beberapa ruas tol fungsional tersebut bisa dikebut sehingga bisa diresmikan sebelum akhir tahun.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry TZ mengatakan, ada dua tuas tol yang bakal dikebut pembangunannya sehingga layak untuk dioperasikan secara penuh pada tahun ini. “Pejagan-Pemalang 3-4 terus Semarang-Batang 1-2, tapi nanti saya cek lagi deh,” tukas Herry seperti dilansir Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (1/7).

Tol Pejagan-Pemalang terdiri dari 4 Seksi dengan total panjang 57,50 km. Seksi 1 yakni Pejagan-Brebes Barat (14,20 km) dan Seksi 2 Brebes Barat-Brebes Timur (6 km) telah beroperasi sebelumnya. Sehingga tersisa dua seksi yakni Seksi 3 Brebes Timur-Tegal (10,40 km) dan Seksi 4 Tegal-Pemalang (26,90 km).

 

Kemudian, Tol Batang-Semarang sendiri terdiri dari 5 Seksi dengan total panjang 75 km. Seksi 1 Batang-Batang Timur (3,20 km), Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 km), Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,5 km) dan Seksi 5 Kaliwungu-Ngaliyan/Semarang (10,90 km).

Meski begitu, Herry akan memperhatikan kondisi di lapangan terlebih hanya tersisa 6 bulan. Menurutnya, semakin cepat pengerjaan tol maka akan semakin baik. “Kalau memang kendala nggak apa-apa, tapi kita cek lagi, kalau makin banyak selesai makin baik,” ujarnya.

Untuk diketahui, padaarus mudik dan arusBalik Lebaran 2017, pemerintah menetapkan beberapa ruas tolyang masih dibangun untukdifungsikan.Untuk Trans Jawa antara lain dari ruas Pejagan sampai Semarang. Total panjang sekitar 110 kilometer (km). Kemudian, Tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga. Serta, sepanjang 227 km dari Semarang hingga Surabaya.

Kemudian untuk jalan tol fungsional Trans Sumatera ialah Bakauheni-Terbanggi Besar untuk Paket 2 Segmen Lematang-Kotabaru, Palembang-Indralaya untuk Seksi 1 Palembang-Pamulutan, Medan-Binjai untuk Seksi 3 Semayang-Binjai.

Untuk Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang difungsikan yakni Seksi 2 Parbarakan-Kualanamu, Seksi 3 Parbarakan-Lubuk Pakam, Seksi 4 Lubuk Pakam-Perbaungan, Seksi 5 Perbaungan-Teluk Mengkudu, Seksi 6 Teluk Mengkudu-sei Rampah. (Lang)