Pelindo I Adakan Kajian Muslimah

0
10
Ist

MEDAN, Inspirasibangsa (11/6) —Dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1438 H, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menggelar beberapa kegiatan salah satu diantaranya adalah mengadakan Kajian Muslimah dengan tema “Mengagungkan Al Quran” yang dibawakan oleh Al Ustadz Qosim Nurseha Zulhadi pada Hari Jumat tanggal 9 Juni 2017.

Kajian Muslimah ini dilaksanakan setiap hari Jumat selama bulan Ramadhan 1438 H. Menurut Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1, kegiatan yang diikuti oleh seluruh karyawati Muslim Pelindo 1 ini, diadakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan keislaman.

“Juga mengedukasi dan mengambil spirit Ramadhan untuk saling berbagi ilmu yang didapat kepada kerabat dan sanak saudara,” ungkap Fiona Sari Utami.

Selain kegiatan tersebut, Pelindo 1 juga mengadakan Kegiatan Seminar Keluarga SAMARATA Pelindo 1, pada minggu lalu bertempat di Kantor Pusat Pelindo 1. Seminar Keluarga yang diikuti oleh pegawai Pelindo 1 beserta keluarga dan masyarakat umum ini mengangkat tema tentang “Merenda Hidup Hingga ke Surga” yang membahas tentang pengertian pernikahan yang sakinah, mawaddah, warahmah dan tarbiyah, atau disingkat SAMARATA.

Menurut H. Surianda Lubis, S.Ag dan Hj.Sri Pra Fanti, MT, yang merupakan konselor keluarga Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sumut, dalam Seminar Keluarga Pelindo 1 ini, pihaknya menggabungkan nilai-nilai Islam dengan hasil psikolog perkawinan. Tentu tidak asing lagi dengan istilah, SAMARA atau Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah.

“Ketiganya pun masing-masing memiliki arti Sakinah berarti tenang, tentram, Mawaddah berarti cinta, harapan, dan Rahmah berarti kasing sayang. Tak cukup SAMARA, ada satu unsur lagi yang tak boleh ketinggalan yakni Tarbiyah, yang berarti Pendidikan. Sehingga SAMARATA berarti menjadi keluarga yang tentram, penuh cinta, penuh kasing sayang, dan berpendidikan, jelas H. Surianda Lubis, S.Ag dan Hj.Sri Pra Fanti, MT.

Selama bulan suci Ramadhan 1438 H ini, Pelindo 1 mengadakan berbagai kegiatan dengan mengambil tema “Tingkatkan Iman Menuju Perubahan”, seperti ceramah Ramadhan setiap harinya di Mesjid Al Bahar Kantor Pusat Pelindo 1, tadaruz alquran, membagikan alquran untuk mesjid-mesjid, mengajar iqra untuk security, infaq & sedekah, santunan dhuafa, hari donasi, santunan baju lebaran, pengumpulan zakat, dan pembagian takjil dan buka puasa setiap harinya kepada masyarakat di wilayah kerja Pelindo 1. (Ham)