Pertamina Jamin Ketersediaan BBM Saat Arus Balik Lebaran

0
14
Salah satu Lokasi SPBU di Jalur Mudik Lebaran. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (27/6) — Liburan Lebaran dan arus mudik sepertinya sudah mulai surut bahkan saat ini masuk ke arus balik. Antisipasi kekosongan BBM saat arus balik, Pertamina menjamin ketersediaan pasokan BBM pada jalur jalur mudik untuk arus balik Lebaran tahun ini.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik menyatakan telah menempatkan satgas khusus di titik titik jalur mudik sampai 11 Juli mendatang.

Semua standby di lapangan, untuk memastikan pasokan aman. Tapi biasanya konsumsi BBM saat arus balik lebih ringan dibandingkan arus mudik, statistiknya dari tahun ke tahun selalu begitu, ujar Elia Massa Manik usai menghadiri ‘open house’ di kediaman Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, Minggu (25/6) seperti dilansir Bisnis.com.

Elia menyatakan, Pertamina telah memaksimalkan seluruh unit operasi untuk memastikan keterediaan BBM di berbagai SPBU jalur mudik. Konsumsi Pertalite meningkat 21% selama Lebaran, yakni mencapai 43 juta liter per hari. Sementara itu, permintaan terhadap Pertamax sekitar 17,2 juta liter selama Lebaran, atau naik 17% di atas konsumsi harian.

Pertamina juga melaporkan kenaikan penjualan pada produk BBM dalam kemasan, yaitu pada Pertamax mencapai 45,3 kiloliter, Dexlite 2,2 kiloliter, dan Pertamina Dex 3,3 kiloliter. Kenaikan penjualan pada produk BBM dalam kemasan memperlihatkan animo masyarakat cukup tinggi terhadap pembelian BBM di luar SPBU. (Lang)