OJK Telah Mendekatkan Jasa Keuangan pada Masyarakat

0
14
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (22/5) — Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Kusumaningtuti S. Soetiono menjelaskan, bahwa OJK bersama dengan industri keuangan telah menyediakan produk dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan masyarakat. Hal tersebut, seperti disampaikan dalam pres rilis resmi OJK, Kamis (18/5).

Beberapa jasa keuangan tersebut, antara lain: menabung saham mikro, reksadana ritel, asuransi mikro, asuransi tani dan lain sebagainya. Termasuk mendekatkan dengan layanan tanpa kantor (LAKU PANDAI), dan pemanfaatan layanan keuangan digital.

“Meminimalkan informasi asimetris, masih rendahnya tingkat literasi serta inklusi keuangan, regulasi perlindungan konsumen keuangan belum terstandardisasi, dan maraknya penawaran produk keuangan yang belum memiliki izin dan berpotensi merugikan masyarakat adalah beberapa tantangan yang dihadapi perlindungan konsumen keuangan saat ini,” kata Kusumaningtuti.

Selain itu, muncul isu-isu strategis yang perlu menjadi perhatian, antara lain: perkembangan financial technology (fintech), pentingnya pengawasan market conduct, peningkatan intensitas transaksi lintas negara (cross-border transaction), dan pentingnya keamanan data pribadi konsumen.

Upaya edukasi dan perlindungan konsumen yang dilakukan OJK, tidak terlepas dari kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak, di antaranya: Kementerian, Lembaga Negara, Industri Jasa Keuangan, World Bank, the Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG), Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Perwakilan Konsumen seperti YLKI, serta mitra strategis OJK lainya. (Ham)

Berita Terkait: OJK Luncurkan SPKK, Bangun Perilaku Cerdas Keuangan