Mentan: Kementerian Pertanian Berupaya Tingkatkan 11 Komoditas Pangan

0
26
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (5/6) — Kementerian Pertanian akan berupa untuk meningkatkan produksi pertanian untuk 11 komoditas pangan strategis. Hal tersebut, sebagai upaya untuk capai lumbung pangan dunia di tahun 2045.

“Ada 11 komoditas strategis, alhamdulillah sudah selesai empat. Kita selesaikan lagi tahun ini jagung, tahun depan bawang putih, tahun berikutnya apa,” katanya seusai penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jakarta, Senin (5/6), seperti dilansir dari republika.co.id.

Menurut Mentan, penyelesaian satu persatu komoditi, sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan produksi komoditas pertanian di Indonesia.

Selain itu, sebagai bentuk untuk menyesuaikan terhadap keterbatasan anggaran yang ada di Kementerian.

“Tidak bisa bersamaan, karena anggaran terbatas, tim kita terbatas. Insya Allah kita bisa capai karena hari ini kita sudah buktikan pada dunia bahwa kita bisa makan beras, jagung, bawang, cabai tanpa impor,” tambah Mentan.

Amran menambahkan, bahwa capaian tersebut, menjadi capaian yang cukup tinggi di tengah beratnya tantangan yang dihadapi dari permasalahan pertanian di Indonesia. Salah satu tantangan yang cukup berat, yaitu adanya El Nino yang cukup besar sepanjang sejarah.

“Ingat, ada El Nino dahsyat, terbesar sepanjang sejarah, tapi kita bisa me-manage dengan baik,” pungkas Mentan. (Ham)