Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

0
19
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (12/6) — Pernahkah kamu merasa gak nyaman saat berpuasa, terutama saat berbicara dengan dengan orang lain? Atau, kamu justeru merasa gak enak menahan bau mulut lawan bicara kamu?

Pasti pernah dong. Kesegaran mulut memang sangat penting dan menjadi salah satu yang harus dijaga sepanjang hari.

Di bulan puasa ini, tentu kita sangat rentan sekali mengalami masalah bau mulut atau dikenal dengan istilah halitosis. Seperti dilansir dari Wikipedia, Halitosis adalah bau nafas yang tidak sedap. Halitosis terutama adalah hasil dari fermentasi anaerobik partikel makanan oleh bakteri gram negatif di dalam mulut yang menghasilkan senyawa belerang atsiri seperti hidrogen sulfida dan merkaptan metil.

Selama berpuasa, mulut tidak melakukan fungsi mengunyah, sehingga kelenjar lidah tidak memproduksi air liur dalam jumlah normal. Nah, ini yang menyebabkan bau mulut. Kalau mulut sudah berbau, tentu akan membuat tidak nyaman dan mengganggu pergaulan sehari-hari serta membuat kita merasa kurang percaya diri saat harus berkomunikasi dengan orang lain.

Nah, bagaimana caranya menjaga kesehatan mulut selama berpuasa ?

Pertama, Menggosok Gigi dan Lidah

Cara mudah pertama adalah menggosok gigi secara rutin. Terlebih sehabis makan sahur. Jangan lupa membersihkan lidah, melakukan dental, dan ditambah dengan berkumur dengan obat kumur.

Dengan menjaga kebersihan mulut, maka akan mengurangi risiko terjadinya halitosis. Jarang membersihkan gigi menyebabkan makanan yang tersisa menimbiulkan bakteri.

Kedua, Banyak Minum Air Putih

Sebelum waktu imsak atau mulai berpuasa, usahakan minum air putih yang banyak, sekitar 2 gelas sebagai penutup. Hal ini dapat mengurangi dehidrasi dan juga bau mulut.

Ketiga, Makan Sayur dan Buah

Makan buah dan sayur penting banget loh. Buah dan sayur ini merupakan pembersih gigi alami yang bekerja membersihkan plak dan sisa makanan. Selain itu, sayur dan buah memiliki properti antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Keempat, Minum Yogurt

Ternyata, minum yogurt bagus banget loh sebagai salah satu cara mengantisipasi bau mulut. Yoghurt yang terbuat dari olahan susu yang di fermentasi ini kandungan bakteri baiknya juga mampu melawan bakteri penyebab bau mulut.

Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah penyakit gusi dan mengurangi terjadinya plak gigi, sehingga tidak timbul peradangan dan gusi berdarah yang juga bisa memicu terjadinya bau mulut.

Sudah tahu dong bagaimana mengatasi bau mulut? Selain membuat kita nyaman dan percaya diri, puasa kita dapat berjalan dengan lancar.

Selamat mencoba !

(Dian, dari berbagai sumber)