Mendag Jamin Ketersediaan Pasokan Pangan Jelang Hari Raya

0
16
Menteri perdagangan sidak ke pasar, mengecek kesiapan stock pangan jelang bulan Ramadhan dan hari raya. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (27/4) — Tinggal satu bulan lagi akan memasuki bulan Ramadhan dan lanjut ke hari raya Lebaran, situasi ini harus diantisipasi terus oleh pemerintah soal pasokan dan harga pangan di tengah masyarakat.

Karena itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin ketersediaan pasokan komoditas pangan seperti beras, daging sapi, telur, gula maupun minyak goreng menjelang periode Lebaran pada Juni 2017.

“Bahan pokok seperti beras, daging, telur, gula dan minyak goreng. Semua sudah mencukupi, lebih dari cukup,” kata Mendag seusai rapat koordinasi membahas pengendalian harga komoditas menjelang Lebaran di Jakarta, Selasa (25/4).

Mendag mengatakan distribusi sebagian besar bahan makanan pokok sudah dilakukan dengan baik, meski masih ada keterlambatan penyaluran untuk komoditas minyak goreng karena masalah pengemasan (packaging).

“Untuk minyak goreng kemasan sederhana, kami mempercepat packaging, karena ini lama,” ujarnya.

Selain itu, Mendag memastikan harga daging beku tidak ada lagi yang di atas Rp80.000 per kilogram, karena stoknya mencukupi dan tidak ada lagi kelangkaan komoditas tersebut.

Ia juga menjamin daging beku itu memiliki kualitas baik dan lebih higienis, meski sebagian besar masyarakat masih lebih memilih daging segar dengan alasan rasa yang lebih terjaga.

“Kamu ke restoran, mana ada mereka menyiapkan steak dengan daging segar. Itu dilarang karena tidak higienis. Seluruh hotel berbintang juga menggunakan daging beku,” ungkap Mendag.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti menambahkan saat ini stok beras menjelang Lebaran dalam keadaan aman atau berada dalam kisaran dua juta ton.

Selain itu, pasokan daging sapi juga tidak mengalami kendala, karena stok masih dalam keadaan cukup, meski ada kemungkinan tambahan pasokan hingga 20 ribu ton pada Puasa dan Lebaran.

“Daging kita masih punya stok 39 ribu ton. Ini masih banyak,” kata Djarot. (Lang)

 

Baca Juga:RPK Diperkuat Untuk Antisipasi Gejolak Harga Pangan Hadapi Bulan Ramadhan

Pemerintah Harus Perang Hadapi Spekulan Mainkan Harga Pangan Jelang Ramadhan dan Hari Raya

Stok Pangan Jelang Ramadhan Aman