Liburan di Jakarta Ada Apa?

0
17
Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (23/4) — Bagi warga Jakarta dan sekitarnya tak perlu galau untuk mengisi liburan panjang akhir pekan ini yang tidak ke luar kota. Selama libur panjang minggu ini, ada berbagai acara di DKI Jakarta, mulai dari lokakarya, pementasan tari tradisional, sampai kompetisi game.

Berikut beberapa acara yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat selama liburan:

1. Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-42, Taman Mini Indonesia Indah menggelar acara “Bahasa dan Aksara” dengan tema “Ragam Budaya Tutur dan Tulis Nusantara”, lokakarya bersama olahragawan berprestasi di Museum Olahraga Nasional pukul 09.00-10.00 WIB, dan lokakarya Puppet Sack & Story Telling di Puppetaria pukul 11.00-12.00 WIB.

2. Krida Loka akan mementaskan tarian “Pusako Bundo” di Galeri Indonesia Kaya pukul 15.00 WIB.

3. Kompetisi “Indonesia Games Championship” diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta pukul 10.00-22.30 WIB.

Nah selain agenda acara itu, bisa juga mengunjungi ke Ancol, Kebun binatang Ragunan, dan jalan-jalan di jalan protokol kota metropolitan sampai ke silang Monas. Kalau jelang malam hari, bisa menikmati kulinari di seputar jalan Sabang, Menteng, Kramat Raya, dan bila mau cari kuliner khas betawi, bisa keliling di jalan raya kebayoran lama, Rawa Belong banyak aneka makanan khas betawi, warung tenda berjejer di sana, ada nasi uduk, ketupat sayur, semur jengkol, empal daging, bubur ayam. Belom lagi kalau mau bergeser sedikit ke arah selatan, banyak pusat berbelanjaan modern seperti Gandaria City, Permata Hijau, Senayan City, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall, Blok M. Dan kalau bergeser ke arah barat, Tomang di sana ada Mall Taman Anggrek, Central Park, dan CitraMall di Grogol.

Sejatinya, ada banyak obyek wisata yang bisa ditemukan di Ibu kota Indonesia ini, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya sampai pada wisata belanja yang suka mengoleksi barang barang unik dan beberapa aksesoris khas yang bisa ditemukan di Kota Jakarta.

Kalau mau ngulik hiburan di Jakarta cukup memadai. Aneh saja bagi warga Jakarta sendiri kalau mengisi liburan panjang seperti minggu ini, berbondong-bondong pilih ke luar kota, entah ke Bandung, Jogjakarta, Sumatera bahkan ke negara tetangga.

“Ini sih sesungguhnya bagi warga kota Jakarta dan sekitarnya setiap hari libur panjang gini cuma cari refreshing atau sensasi dalam kehidupan. Bisa juga memenuhi lifestyle-nya, atau gengsi dengan kerabat dan tetangga, seolah-olah mengisi liburannya keren pergi ke luar kota atau luar negeri. Padahal kalau dihitung-hitung biaya lebih boros, dihitung waktu mepet, dihitung tenaga apalagi. Yang ada setelah pulang liburan malah stres bukan happy yang didapat. Kecapean lah, uang kehabisan, mutung sama keluarga. Nah ini kan gak sehat. Seharusnya yang wajar-wajar saja lah kalau mau mengisi liburan, harus direncanakan jauh-jauh hari,” tukas Mariman, salah satu warga Jakarta yang ditinggal di daerah Kebayoran Lama yang sudah tinggal di Jakarta hampir 30 tahun sejak hijrah dari Semarang.

“Saya dan keluarga kalau liburan seperti ini cukup jalan-jalan di seputar Jakarta saja. Kalau libur gini, Jakarta malah enak gak macet, saya manfaatkan untuk nikmatin liburan bersama keluarga keliling-keliling kota Jakarta mulai dari pusat kota sampai ke tepian laut. Malah enak begitu, Mas,”imbuh Mariman. (Lang)

Baca Juga: Kuliner Jadi Daya Tarik Wisatawan

Hilangkan Penat, Bisa Jelajahi Hutan Mangrove di Jakarta Utara

Mampukah Infrastruktur Pariwisata Tuntas di 2018?