Kenapa Anggaran Asian Games 2018 Lebih Kecil Dari Tahun Sebelumnya?

0
19

 

Komisi X DPR RI Minta Kemenpora Gunakan Anggaran Asian Games 2018 Dengan Baik. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (9/6) — Bila membandingkan pelaksanaan AsianGames dibeberapa negara pada tahun-tahun sebelumnya, maka anggaran yang disiapkan secara keseluruhan oleh pemerintah untuk pelaksanaan Asian Games 2018 hanya sekitar Rp. 8 Triliun. Angka ini masih jauh lebih kecil daripada pembiayaan yang sudah dilakukan oleh negara-negara lain untuk suksesnya Asian Games.

Demikian dikatakan Anggota Komisi X DPR RI, Nuroji saat RDP Komisi X DPR dengan Menpora di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (07/06/2017).

Perbandingan yang disiapkan oleh kita ini masih jauh. Pada Asian Games 2002 saja diperlukan dana Rp26,9 triliun, lalu pada tahun 2006 dana yang diperlukan Rp25,8 triliun, dan pada tahun 2010 sebesar Rp180,7 triliun, kemudian yang terakhir pada tahun 2014 senilai Rp23,1 triliun. Sedangkan tahun 2018 di Indonesia kita hanya menyiapkan anggaran Rp. 7,9 triliun, ucap anggota dari Partai Gerindra itu.

Menurutnya, kalau penyelenggaraan Asian Games 2018 ini bisa mencapai sukses, maka hal tersebut sangat luar biasa. Secara jujur dirinya mengaku ragu dengan hal itu, oleh karenanya ia menyatakan apabila masih ada kesempatan untuk meningkatkan anggaran itu, maka secara pribadi dirinya akan mendukung untuk dinaikkan anggarannya.

Sejak awal saya agak ragu terutama terkait dengan masalah pendanaan, ditengah-tengah sulitnya keuangan negara kita, pelaksanaan Asian Games ini harus benar-benar diperhitungkan dengan matang, apalagi dengan waktu yang sudah mendesak seperti ini, ujar Nuroji seperi dalam berita di www.dpr.go.id.

Dalam kaitannya dengan Asian Games, lanjutnya, pada beberapa waktu yang lalu Komisi X DPR juga mengingatkan kepada Kementerian untuk lebih matang mempersiapkan pelaksanaan Asian Games itu.

Karena ini merupakan taruhan bangsa, gagal dan tidaknya bergantung pada bangsa kita dalam mempersiapkannya, pungkasnya. (Lang)