Kementan Raih WTP dari BPK

0
13
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (6/6) — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melalui anggota IV, Prof Rizal Djalil menegaskan hasil pemeriksaan laporan keuangan Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2016 adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal tersebut dicapai dengan kerja keras dan berdarah-darah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga tidak ada yang melanggar hukum dan etika. Kemudian, melewati proses yang alot melalui proses cek dan ricek data yang panjang di lapangan.

“Proses pemeriksaan laporan keuangan Kementan sangat clear. Jadi WTP yang diperoleh Kementan tidak ada kaitan dengan berita-berita negatif. Jangan ada keraguan tentang itu dan kami bergantung jawab,” tegasnya pada acara Penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Kementerian Pertanian tahun 2016 oleh Anggota IV BPK RI, Prof Rizal Djalil kepada Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman di Auditorium Kantor Pusat Kementan, Senin (5/6).

Ia mengungkapkan perhatian Presiden Jokowi sangat luar biasa yakni menempatkan pangan sebagai sektor utama, karena pangan menyangkut segala hajat hidup manusia. Untuk itu, Ia menilai jika pangan tidak ada, maka akan terjadi gejolak.

“Yang penting upaya Kementan meningkatkan produksi tercapai. Sya komit menjelaskan kepada publik masalah pangan ini, tidak hanya di depan Menteri,” tegas Rizal

“Tugas Kementerian Pertanian dalam meningkatkan produksi pangan sudah selesai. Produksi pangan seperti padi, jagung, kedelai, bawang merah, gula dan cabai meningkat. Masalah distribusi pangan urusannya beda, bukan Kementerian Pertanian,” imbuhnya. (Ham)