Jengkol, Bau dengan Sejuta Khasiat

0
24
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (24/5) — Siapa sangka jengkol yang dulu diejek sebagai menu kelas bawah, kini diburu orang dengan harga istimewa? Jengkol meskipun aromanya menyengat, namun jika dimasak dengan pandai, legitnya bukan main.

Selain soal rasa, jengkol ternyata juga mengandung banyak khasiat.

Jengkol yang bernama latin Archidendron pauciflorum, merupakan tanaman polong-polongan, berwarna lembayung tua. Buahnya mengandung kadar protein yang tinggi — jauh lebih tinggi dibandingkan kandungan protein dalam kacang hijau dan kedelai. Sehingga sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan jaringan dalam tubuh.

Jengkol juga kaya dengan zat besi. Potensial mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kandungan Kalsium dan Fosfor pada jengkol juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Buah Jengkol kaya dengan vitamin A dan vitamin C, yang bisa berfungsi sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan serat dalam jengkol yang tinggi juga sangat membantu lancarnya pencernaan.

Sebagai makanan diuretik yang bisa melancarkan pembuangan urin, jengkol menjadi sangat baik untuk menormalkan penderita penyakit jantung. Bagi yang mengalami penyempitan pembuluh darah ke jantung , kandungan mineral dalam jengkol dapat melebarkan pembuluh darah yang mengkerut dan sekaligus mencegah penyempitan pembuluh darah kembali.

Namun demikian, meskipun ia mengandung sejuta khasiat, makan jengkol secara berlebihan juga sangat tidak dianjurkan. Bisa kontra produktif. Dan dapat menyebabkan efek toksik ke jantung, ginjal, hati dan pankreas.Jadi makanlah secukupnya. Selamat mencoba. (HG)

 

Berita Terkait: Harga Jengkol Kini Mahal