Jelang Musim Mudik Lebaran Bandara SSK II Pekanbaru Tingkatkan Keamanan

0
13
Jelang Hari Raya Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Melonjak. (Ist)

PEKANBARU, Inspirasibangsa (9/6) – Persiapan kedatangan para pemudik dari berbagai daerah sudah mulai tampak, seperti halnya PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru meningkatkan pengamanan dan pengawasan area sekitar bandara menyambut Idul Fitri 1438 Hijriyah guna memberikan kenyamanan arus mudik.

“Memasuki Ramadan mendekat Idul Fitri tentu pasukan ditambahkan baik internal maupun eksternal,” kata General Manager SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait kepada wartawandi Pekanbaru, Jumat.

Ia menjelaskan tujuan peningkatan pengamanan dan pengawasan ini, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat penggunaan bandara meningkat pada arus mudik.

Selain karena bandara udara ini mengikuti aturan internasional maka SOPnya harus standar, sebab katanya kalau terjadi hal yang tidak diinginkan akan berdampak kepada dunia penerbangan.

“Karena bandara adalah pintu gerbang masuknya orang dan barang dari seluruh penjuru dunia sehingga kalau tidak aman maka bagaimana perekonomian masyarakat akan baik,” tuturnya.

Menurut dia, peningkatan keamanan bandara disini yakni membangun koordinasi pengamanan yang lebih intens dengan aparat pemerintah, intelijen dan semua komunitas yang ada disekitar SSK II demi keselamatan penerbangan.

Ia sudah menjalin koordinasi dengan TNI, Lanud, Polres, Polda jangan sampai ada pihak-pihak yang melakukan kekacauan ke bandara.

“Tetapi sejauh ini masih sifatnya koordinasi dan persuasif, ” imbuhnya.

Berdasarkan data AP II jumlah penumpang yang datang dan pergi menggunakan layanan bandar undara SSK II Pekanbaru saat hari biasa rata-rata tiap harinya mencapai 9.000 jiwa baik domestik maupun internasional. (Lang)