Jangan Salah Sepatu

0
15
Cari sepatu yang ideal untuk jenis olahraga lebih nyaman. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (28/5) — Sebenarnya, dengan atau tanpa sepatu, olahraga tetaplah menyehatkannya tubuh. Mungkin karena factor ini, lalu banyak orang menyepelekan sepatu saat berolahraga. Padahal sepatu cukup berperan penting.

Setidaknya, melakukan jogging atau berjalan santai dengan sepatu akan lebih menjamin keamanan. Ini hal yang paling mendasar.

Siapa yang jamin, tempat kita berolahraga atau berjalan bebas dari benda-benda yang berbahaya, seloroh Anwar, 33, teknisi computer di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta.

Selebihnya, bersepatu dalam berolahraga akan memberi efek semangat. Nina, 21, mahasiswi Universitas Nasional, Jakarta, bahkan mengatakan sepatu tidak cuma memberi efek semangat, aman dan nyaman dalam berolahraga, tapi juga efek percaya diri.

Jangan lalu menilai rasa percaya diri ini dari sisi penampilan saja. Bukan itu! Ini soal rasa percaya diri saat melakukan latihan olahraga itu dengan benar, kata Nina.

Nina benar. Dan tak berlebihan. Sebab disain sepatu olahraga sangat disesuaikan dengan jenis dan lapangan olahraga.

Maka terlepas dari kenyamanan dan efek semangatnya, sesungguhnya setiap sepatu olahraga punya beberapa kekhususan.

Yang paling mencolok adalah sepatu bola. Sepatu yang nyaman digunakan merumput ini, jelas tidak sama sekali asyik digunakan untuk olahraga lain. Bantalan atau alas pada sepatu bola yang bergerigi itu, hanya tepat digunakan di lapangan rumput.

Bantalan yang ada di bawah sepatu olahraga memang memberi pengaruh yang signifikan. Meskipun secara umum, hampir semua sepatu olahraga memberi efek pantul yang memudahkan kaki untuk melangkahkan. Tapi itu tidak berarti sepatu bola nyaman dipakai bermain softball atau hokey.

Hal lain, misalnya, sepatu jogging. Jogging dengan sepatu apa saja memang bisa, tapi menggunakan sepatu khusus lari, jauh lebih nyaman. Jogging jelas membutuhkan sepatu yang ringan, agar supaya nyaman saat mengayuh kaki.

Di samping itu, bantalan pada alas sepatu jogging memberi lebih banyak fleksibilitas dan rasa nyaman. Umumnya sepatu yang memiliki bantalan terbaik mempunyai lengkungan tinggi (high-arched feet), ridged foot, dan kaki yang memiliki kecenderungan supinate (menggulung keluar selama kaki berpijak).

Berbeda dengan sepatu tenis. Sepatu jenis ini, memiliki sol yang fleksibel untuk pergerakan dari samping ke samping.

Sepatu basket pun punya kekhasan. Ia memiliki bagian atas yang menjulang tinggi dengan sol yang tebal untuk melindungi pergelangan kaki dari kemungkinan cedera akibat lompatan berkali-kali.

Sepatu Golf pun demikian. Sepatu golf didesain khusus di lapangan golf. Sepintas sepatu golf seperti sepatu salju, tapi sepatu Golf dapat memberi traksi yang baik saat mengayunkan stick. Berbeda lagi dengan sepatu aerobik yang dirancang ringan dan mampu menyerap guncangan.

Memang setiap jenis olahraga, ada sepatunya masing-masing. Maka demi kenyamanan pakailah sepatu sesuai dengan jenis olahraganya. (HG)