Ini lah Spesifikasi Motor Trail Yang Digunakan Presiden Jokowi Saat Touring di Jalan Trans Papua

0
31
Presiden Jokowi menjajal jalan Trans Papua dengan menaiki motor trail di ruas Wamena-Mamugu 1, Papua, 10 Mei 2017. Presiden mengenakan jaket hijau dilengkapi helm berkamera dan pelindung lutut. (Biro Pers Istana Presiden)

JAKARTA, Inspirasibangsa (14/5) — Kunjungan Presiden Jokowi ke tanah Papua pada tanggal 9-10 Mei kemarin, ada agenda yang menarik bahkan menjadi viral di media sosial bahkan media nasional yakni touring Presiden Jokowi untuk memantau pengerjaan infrastruktur jalan Trans Papua di Kabupaten Jayawijaya, Wamena. Ini menarik.

Presiden Jokowi mengendari sepeda motor jenis Kawasaki KLX 150 yang menjadi tunggangannya. Tentu dikawal oleh beberapa pejabat lainnya dan dikawal paspampres yang menggunakan mobil jeep kepresidenan RI di belakangnya.

Rabu, 10 Mei 2017, Presiden Jokowi naik motor trail menyusuri jalan sepanjang tujuh kilometer di ruas Wamena-Mamugu 1. “Kalau naik trail kelihatan jelas kesulitannya,” ucapnya seperti disitirTribunnews.com.

Saat mengendarai motor, PresidenJokowimengakui betapa sulit mengendarai motor. “Itu baru naik, coba bayangkan yang membangun. Kami ini kan coba melihat di lapangan,” kata kepalanegara usai menyusuri jalan.

Dari laman kawasaki-motor.co.id, Kawasaki type KLX 150 dibandrol dengan harga Rp 28,3 juta (on the road Jadetabekser). Motor ini merupakan generasi penerus dari KLX 150s yang menawarkan pengendaraan off-road atau di segala medan.

Motor ini dikenal lincah karena memiliki body ramping. Ketinggian jok KLX cukup rendah yang membuat posisi riding nyaman serta memudahkan dalam mengontrol sepeda motor saat berakselerasi.

Honda CRF150 yang baru akan meluncur pada akhit tahu ini disebut-sebut sebagai rival sepadan KLX 150 di kelas light trail di Indonesia. Motor ini juga bersaing dengan brand non Jepang seperti Viar dan KTM.

Kawasaki KLX 150. (Ist)

Sebagai sepeda motor off-road, KLX 150 dibekali suspensi teleskopik 33 milimeter di bagian depan dan uni-trak, dengan lima pengaturan pada bagian belakang. KLX mengaplikasikan ban 70/100-19M/C 42P di bagian depan dan 90/100-16M/C 51P pada bagian belakang. Di sektor pengereman, KLX mempercayakan rem cakram tunggal 240 milimeter piston ganda (depan) dan cakram tunggal 190 milimeter piston tunggal (belakang). Motor trail dengan berat 116 kilogram ini dibekali tanki bensin berkapasitas 6,9 liter.

Motor ini dibekali mesin berkapasitas 144cc, 2 valves, SOHC dengan sistem pengapian DC-CDI. Mesin motor 4 langkah ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 8,6 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda penggerak melalui transimi 5 percepatan. (Lang)