Ini lah Persiapan Rohani Hadapi Bulan Ramadhan

0
39
Ramadhan, Momen yang Dirindukan. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (8/5) — Marhaban ya Ramadhan….persiapan bulan suci di sana-sini sudah mulai terasa. Tinggal hitungan hari bulan puasa datang. Di pasar-pasar kesediaan bahan pokok pangan beserta harganya, penjual makanan, dan camilan pun sibuk untuk menghadapi bulan Ramadhan.

 

Nah, itu soal fisik untuk menghadapi bulan Ramadhan, Inspirasibangsa mencoba menyajikan kesiapan rohani kita agardapat mengisinya dengan ibadah yangmaksimal. Ini lah persiapan hadapi bulan Ramadhan:

1. Persiapan Ilmu

Ketika memasuki Bulan Ramadhan, sebaiknya kita sudah membekali diri kita dengan ilmu yang cukup. Terutama, ilmuseputar puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Jangan sampai ketika tengah menjalankan puasa, Anda masih ragu mengenai berbagai hal.

Misalnya saja mengenai masalah masalah sebagai berikut. Apakah berenang, tidur dapat membatalkan puasa? Apakah berhubungan suami istri di malam bulan Ramadhan diperbolehkan?Apakah boleh berpuasa jika kesiangan sahur? Masih banyak lagipertanyaan lainnya seharusnya tidak lagi ada dipertanyakan karena setiap tahun kita melaksanakan ibadah puasa

dimana pertanyaan-pertanyaan semacam ini memang sudah menjadi pertanyaan umum yang sering dipertanyakan. Namun, terkadang jawabannya kita terlupakan.Jadi, sangat dianjurkan sekali untuk membekali diri kita dengan ilmu yang memadai pada saat memasuki bulan Ramadhan.

2. Persiapan Amal Ibadah

Sangat disayangkan jika bulan Ramadhan berlalu dengan sia-sia. Hendaknya, kita mengisinya dengan berbagai amalan harian yang lebih baik dari bulan-bulan lainnya. Selain puasa dan shalat tarawih, tambahkan juga ibadah sunah lainnya. Misalnya, shalat sunah rawatib (sebelum dan sesudah shalat wajib), membaca Al-Quran, shalat tahajud, shalat dhuha, sedekah, berdzikir, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kita perlu berlatih melakukan amalan-amalan tersebut agar pada saatnya bulan Ramadhan datang, kita sudah terbiasa bisa melakukannya.

3. Persiapan Fisik dan mental

Untuk mendapatkan berbagai keutamaan bulan Ramadhan,ibadah wajib dan sunah perlu ditingkatkan. Selain itu, dianjurkan pula untuk menghidupkan malam dengan melakukan berbagai ibadah. Seperti membaca Al-Quran, shalat malam, itikaf di masjid, dan lain-lain.Untuk melakukannya, diperlukan fisik yang sehat dan semangat.

Fisik yang sehat dapat diperoleh dengan membiasakan pola hidup sehat. Makan makanan yang seimbang dengan berolah raga, dan cukup istirahat. Dengan fisik yang sehat pun, ibadah puasa kita akan lancar sehingga tidak mengganggu aktivitas sehar hari kita.

4. Persiapan Finansial dan pikiran

Finansial pun perlu disiapkan pada saat menghadapi bulan Ramadhan. Agar Anda dapat bersedekah dengan leluasa. Selain itu, hal ini juga untuk persiapan hari raya Idul Fitri.Rencanakanlah dari sebelum Ramadhan, pengeluaran apa saja yang akan diperlukan selama bulan Ramadhan dan persiapan Idul Fitri.

Misalnya, jika kita berencana untuk menyantuni anak yatim, siapkan dananya jauh-jauh sebelum harinya. Jika kita ingin membeli sejumlah pakaian untuk Idul Fitri, belilah sebelum Ramadhan tiba. Jangan sampai ibadah puasa kita terganggu karena harus menyiapkan hal tersebut mendadak. Jangan sampai kita kelelahanmenyiapkan berbagai hal sehingga melewatkan shalat tarawih dan ibadah lainnya.

 

Sejatinya, Ramadhan adalah tamu yang selalu dinanti kedatangannya, bahkan dalam sebuah hadits disebutkan jika sesorang mengetahui keutamaan yang ada dalam Ramadhan, tentu ia akan mengharap setiap hari adalah Ramadhan.

Akhlak dalam Ramadhan yang harus diperhatikan sejak dini adalah menjaga mata, telinga, kemaluan, lidah, dan anggota tubuh lainnya sehingga jangan sampai kita hanya puasa perut, puasa yang sekadar menahan makan dan minum, tapi kehilangan keutamaan-keutamaan Ramadhan.

Mari persiapkan fisik dan ilmu, agar ketika Ramadhan datang kita bisa menyanbutnya dengan gembira, khidmat dan penuh hikmah. (Lang)