Indonesia Power UPJP Priok Dorong Pengembangan Agro-Edu Tourism Sabisa Farm

0
29
Kegiatan Memperingati Hari Bumi (dok)

JAKARTA, Inspirasibangsa (26/4) — PT Indonesia Power Unit Pembangkitan dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Priok menyemarakkan peringatan Hari Bumi, yang jatuh pada 22 April 2017.

Kegiatan dihadiri oleh insan UPJP Priok, masyarakat kader binaan UPJP Priok, segenap tamu undangan Direktorat PPKL KLHK, serta pengurus Sabisa Farm beserta jajaran Civitas Akademika Feperta Institut Pertanian Bogor (IPB) turut hadir dan terjun bersama-sama dalam menilik areal perkebunan.

Salah satu bentuk kegiatan UPJP untuk menyemarakkan Hari Bumi adalah mensupport pengembangan agro edu tourism Sabisa Farm.

Agenda yang dilaksanakan adalah mengenalkan produk-produk pertanian, perikanan, hingga peternakan yang dikemas secara komprehensif dalam khazanah Agro-Edu-Tourism. Misalnya pengenalan tata pemuliaan tanaman oleh pengurus Sabisa Farm, dengan menggarisbawahi perawatan tanaman hingga pasca-panen.

Kegiatan ini diawali dengan kerja bakti di Kebun Buah Naga, yang kemudian dilanjutkan panen bersama sambil belajar pemuliaan tanaman buah oleh para pakar. Pada saat yang sama dan bertempat di Green House Sabisa, juga terdapat pengenalan dan dasar-dasar perawatan tanaman hidroponik berbagai jenis sayuran; seperti kangkung, selada, bayam merah dan bayam hijau, romaine lettuce, kale, serta pokcoy.

Kegiatan menjadi lebih menarik dengan adanya panen bersama sayuran hidroponik, yang merupakan salah satu produk Sabisa Farm. Adanya sajian buah dari hasil kebun Sabisa juga menambah nilai tersendiri, dan tak kalah menarik juga terdapat kuliner sajian nusantara dari produk perikanan (Lele, Patin, dan Nila) dan peternakan (Kambing) Sabisa Farm.

Sabisa Farm bersama IPB, kemudian menjadi inkubator bagi masyarakat binaan UPJP Priok dalam bidang pemuliaan tanaman, khususnya tanaman buah dan sayur-mayur, yang dikemas dalam program Mini-Arboretum UPJP Priok. Maknanya adalah inovasi sosial yang diangkat dalam melatih masyarakat sekaligus memberikan pendidikan secara terintegrasi.

“Dalam rangka Hari Bumi ini, kami dari Indonesia Power sengaja mengadakan acara ini dengan menggandeng IPB. Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik dan mengedukasi masyarakat,” kata General Manager PT Indonesia Power UPJP Priok, Ir. Herdiyanto Soekono kepada wartawan, Selasa (25/4/2017) di Bogor Jawa Barat.

Kedepan, pihaknya juga akan memberikan keanekaragaman hayati di Kampung Warakas Jakarta Utara. Kegiatan ini juga mendukung program Corporate Social Responsibility (CSR) dan perkembangan lingkungan hidup di Jakarta Utara.

Program ini, lanjut Herdiyanto, merupakan kegiatan lanjutan. “Sebelumnya kita juga sudah menjalankan program penghijauan,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK RI, M.R. Karliansyah, MS menyebut lokasi ini bukan hanya sekedar untuk dilihat-lihat tetapi bisa jadi pusat pembelajaran dan tempat praktik. “Wisata ini mendapat bermanfaat untuk menghilangkan stress, mendapatkan inspirasi untuk membuat format yang sama membuat kebun pertanian,” kata Karliansyah.

Dia berharap di masa mendatang, lokasi ini juga lebih menitikberatkan pada tanaman lokal, seperti mangga, sirsak, pepaya yang manis sekali. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang dibuat untuk calon sarjana yang ingin membuat perkebunan tanaman untuk membukan7 lapangan usaha sendiri. Bahkan bisa menarik masyarakat membuka lapangan kerja sendiri,” tandasnya. (Amin)