Hari Kedua Lebaran, Tol Cipali Alami Kenaikan 20,5% Kendaraan ke Arah Cirebon

0
12
Kendaraan pemudik mengantre menuju pintu gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/7). Puncak arus balik di tol Cipali terjadi sejak H+3 hingga H+4 Lebaran 2016. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/16.

JAKARTA, Inspirasibangsa (26/6) — Sempat sedikit lengang di tol Cikampek dan Cipali pada H-1 Jelang Lebaran, namun saat Lebaran hari kedua ini, Senin (26/6) pada pukul 06.00 WIB, jumlah kendaraaan yang melintasi Tol Cikopo-Palimanan di Gerbang Tol Palimanan Utama mengalami kenaikan 20,5%. Kendaraan mudik didominasi yang mengarah ke Cirebon.

Secara total, kendaraan yang melintas sejumlah 66.929 unit kendaraan atau meningkat 20,5% dibandingkan hari sebelumnya yang masih 55.535 unit.

Kendaraan yang menuju Cirebon mengalami kenaikan 68% menjadi 17.538 unit dibandingkan hari pertama Lebaran. Kendaraan ke arah Jakarta pagi ini sebanyak 3.163 unit atau naik dari Minggu pagi kemarin yang masih 2.059 unit.

Peningkatan volume kendaraan kembali terjadi hingga pagi tadi jam 06.00, khususnya kendaraan yang ke arah Cirebon. Dan secara total, kendaraan yang keluar masuk tol Cipali melalui GT Palimanan utama mencapai 2,5x lipat kondisi normal. Untuk itu, LMS mengoperasikan 25 gardu tol untuk mengantisipasi antrian, tuturFirdaus Azis, Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS), melalui siaran pers yang diterima Senin pagi (26/6).

Dia juga mengimbau pengguna jalan tol Cipali agar melakukan manajemen waktu dengan tidak melakukan perjalanan balik dalam waktu bersamaan, terutama pada Sabtu dan Minggu ini. Pemudik diharapkan memilih hari lainnya seperti Rabu dan Kamis sehingga dapat terhindar dari kemacetan.

Pengguna jalan tol Cipali juga disarankan untuk menggunakan kartu uang elektronik saat bertransaksi di gerbang tol sehingga akan memperlancar antrian saat pembayaran. (Lang)