Harga Pangan di Lebaran Tahun Ini Stabil, Kerja Baik Buat Pemerintah

0
21
Harga Pangan masih stabil pasca lebaran. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (30/6) — Pemerintah boleh bahagia melihat hasil persiapan menghadapi hari lebaran tahun ini di berbagai sektor berjalan baik, apalagi harga pangan bisa distabilkan. Berbeda dibandingkan dengan kondisi selama momentum libur Lebaran pada tahun-tahun lalu, tahun ini harga bahan pokok diklaim relatif lebih baik.

Pasalnya, pada H+4 Pasca Lebaran, harga pangan di pasar mulai menunjukkan penurunan khususnya di pasar-pasar wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Biasanya, tiap jelang dan sesudah Lebaran, pedagang dan konsumen akan “berteriak” karena harga bahan pangan yang meroket serta rantai pasokan yang tersendat sehingga mengganggu ketersediaan barang di pasar.

“Ya, tahun ini lebih baik. Harga sudah relatif lebih terjaga dan tidak meresahkan seperti tahun sebelumnya,” kata Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri, seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (29/6).

Menurutnya, kondisi ini tak lepas dari berbagai upaya stabilisasi kenaikan harga dan kelangkaan pasokan barang yang dilakukan pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan bersama Satgas Pangan. Meskipun masih ada satu dua komoditas yang naik karena pasokan yang terlambat masuk, tapi hal itu wajar.

“Strategi penjagaannya lebih tertata dibanding tahun yang lalu. Ada pemangkasan rantai distribusi sisi serta pengawasannya juga menjadi lebih baik. Kerja kemendag dan satgas pangan lebih efektif,” katanya.

Hanya saja, Abdullah menyampaikan Kementerian Pertanian masih perlu bekerja lebih keras lagi, terutama menata data sebaran produksi agar lebih terbaharui sesuai realitas di lapangan.

Ketersediaan data sebaran produksi yang valid dan akurat mutlak diperlukan untuk memudahkan penyediaan pasokan.

“Kementan perlu banyak evaluasi data sebaran wilayah produksi. Harus lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Ikappi mencatat, mayoritas komoditas pangan mulai menunjukkan penurunan harga pada hari ini, atau hari keempat pasca Lebaran.

Harga minyak goreng, misalnya, bergerak turun dari Rp13.500 menjadi Rp12.900. Senada, harga daging ayam juga turun tipis dari Rp35.000 per kilogram pada pekan lalu menjadi Rp33.500. Begitu juga dengan harga telur, turun Rp1.500 dari Rp23.000 menjadi Rp21.500.

Sementara itu, harga bawang merah turun dari Rp40.300 menjadi Rp39.000. Untuk bawang putih, harganya masih berada di kisaran Rp50.500 dari posisi sebelum Lebaran sebesar Rp55.000 per kilogram.

“Semua bahan pokok mulai turun harga, kecuali jual daging sapi masih terus bergerak naik menjadi Rp127.000 dari posisi sebelumnya Rp120.000 per kilogram.” (Lang)