Buka Puasa ISMES Bersama Smith Alhadar

0
28
Kegiatan Buka Puasa ISMES Bersama Smith Alhadar (dok)

JAKARTA, Inspirasibangsa (13/6) — Indonesian Society for Middle East Studies (ISMES) menggelar buka puasa bersama yang diadakan di Rumah Makan Sederhana Bintaro, Tebet Dalam, Jakarta, Senin (12/6).

Kendati hanya dihadiri oleh Direktur ISMES Ryantori, Sekjen Yanuardi Syukur dan Ketua Bidang Kajian Politik Tia Mariatul Kibtiah, tapi buka puasa yang dilanjutkan dengan diskusi soal Timur Tengah ini semakin menarik.

Dalam diskusi, Smith Alhadar mengatakan bahwa ISIS sebentar lagi akan jatuh dan kejatuhan itu dapat menginspirasi bagi pendirian basis yang baru di Marawi, Filipina Selatan. Menurut Smith yang juga penasihat ISMES, saat ini ISIS terus dikepung dari segala penjuru dan hal itu dapat menyebabkan kejatuhan mereka sebagai gerakan yang bertujuan untuk mendirikan negara.

Pertempuran yang terjadi di Marawi antara militer Filipina dengan milisi pro-ISIS saat ini terus terjadi dan telah menewaskan ratusan orang dari kedua belah pihak.

Mengantisipasi itu, TNI dan polisi Indonesia telah mengadakan patroli di wilayah perbatasan seperti Maluku Utara, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Timur.

Dalam diskusi ini juga, Smith Alhadar menyampaikan bahwa setelah lebaran bukunya akan diluncurkan di Hotel Sari Pan Pacifik Jakarta. “Buku ini merupakan kumpulan tulisan saya di berbagai media tentang berbagai isu Timur Tengah,” kata Smith Alhadar. (Ham)