Bitung Cocok Untuk Pelabuhan Hub Internasional

0
13

 

Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (16/6) — Kawasan Timur Indonesia tepatnya di Pelabuhan Bitung dipilih sebagai Pelabuhan Hub Internasional . penentuan lokasi ini dikarenakan lokasi yang sangat strategis untuk pendistribusian barang ke wilayah-wilayah lainnya khususnya Indonesia bagian Timur.

Menurut Dwianto Eko, Direktur Sektor Transportasi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) pada Rabu kemarin mengatakan bahwa pemilihan Bitung juga karena pertumbuhan di wilayah timur Indonesia memiliki potensi lebih tinggi dibanding wilayah barat Indonesia, tentu dengan keberadaan Pelabuhan Hub Internasional Bitung juga akan mendukung kegiatan industri kawasan timur Indonesia seperti Ambon dan Ternate di sektor pertanian, industri dan pertambangan, serta wilayah Samarinda, Balikpapan, Tarakan dan Nunukan untuk komoditas batubara, minyak bumi dan kayu lapis.

Ini merupakan salah satu proyek strategis pemerintah karena mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Bitung tambahnya.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung diperkirakan menelan investasi 35 triliun rupiah. Akan ada tiga lokasi yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan sebagai satu kesatuan Pelabuhan Hub Internasional (PHI) Bitung. Yakni, mengembangkan pelabuhan eksisting, pelabuhan baru di Pulau Lembeh, dan Pelabuhan baru di Kawasan Ekonomi Khusus.

Ada beberapa persoalan lahan yang belum selesai, masih ada gugatan dari warga, kita masih dalam proses penyelesaiannya Ungkap Edwin H Silangen, Sekda pemprov Sulut seperti dilansir koranjakarta.com

Akibat masih ada gugatan lahan dari warga, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) belum juga mengeluarkan Hak Pengelolaan Lahan (HPL).

Padahal, terbitnya HPL untuk pengelolaan lahan seluas 92,5 hektar merupakan salah satu cara mempercepat terealisasinya KEK Bitung. (Dian)