BI Proyeksi Transaksi FinTech Capai US$ 1,9 Miliar

0
12
Ist

JAKARTA, Inspirasibangsa (28/4) — Financial Technology atau yang lebih dikenal dengan istilah FinTech, merupakan salah satu jasa keuangan yang bersifat adanya sentuhan tecnologi. Sehingga, konsumen tinggal menggunakan teknologi aplikasi, bisa mengakses jasa keuangan yang diinginkan.

Sedangkan pengertian FinTech menurut National Digital Research Centre (NDRC), ialah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu inovasi di bidang jasa finansial (keuangan).

Kata FinTech sendiri berasal dari kata financial dan technology, yang disingkat menjadi FinTech. Kata tersebut, mengacu pada inovasi finansial dengan sentuhan teknologi modern, menggunakan aplikasi digital (internet).

BI (Bank Indonesia) sendiri, memberikan proyeksi bahwa nilai transaksi untuk FinTech di tahun 2017 akan capai US$ 1,9 miliar atau setara lebih dariRp 25,2 triliun di 2017.

Sedangkan proyeksi yang diberikan oleh KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia), pada tahun 2018, investasi di bidang fintech akan tembus angka US$ 8 miliar, atau sekitar Rp 105,6 triliun. Angka tersebut menunjukkan, bahwa bisnis FinTech memang cukup menggiurkan. (Ham)

Berita Terkait: Tips Bagi yang Ingin Terjun di Bisnis FinTech