Berikut 10 Klub Sepakbola Terkaya di Dunia

0
21
Salah satu klub sepakbola terkaya di dunia, Real madrid dari Spanyol. (Ist)

JAKARTA, Inspirasibangsa (18/6) — Industri sepakbola di negara belahan benua Eropa sudah menjadi jaminan mutu bagi nasib para pemainnya, bayangkan saja harga pemain termahal di klub bisa dibandrol triliunan rupiah, dengan gaji per minggu mencapai miliaran rupiah. Menggiurkan. Lalu pertanyaannya seberapa kaya kah klub-klub sepekbola di dataran benua Eropa itu?

Bersumber dari sporttourism.id, ada 10 klub terkaya di dunia dengan prestasi maknyoos di setiap kompetisi maupun turnamen internasional. Siapa saja klub itu, berikut klub-klub terkaya di dunia. Silahkan disimak.

#10 Tottenham Hotspur

Meski sejak lama dianggap klub papan tengah liga Inggris, Tottenham Hotspur mampu merangkak ke level elit dalam beberapa tahun terakhir. Menurut studi majalah Forbes, klub yang musim lalu mendarat di posisi kedua di Liga Primer itu memiliki skuad bernilai 945 juta Euro.Delle Ali dan Harry Kane adalah dua pemain termahal milik Totenham saat ini.

#9 Juventus

Juventus menikmati pertumbuhan pesat sejak skandal Calciopoli 2006 silam. The Old Lady sukses membangun stadion baru dan kembali merajai Serie A seperti pada dekade 1990-an.

Musim ini pun Juventus sukses mengamankan gelar juara liga dan Copa Italia, meski kemudian dipermalukan Real Madrid di final Liga Champions Eropa. Menurut Forbes Juventus memiliki skuad senilai 1,12 miliar Euro.

# 8 FC Liverpool

Kendati minim prestasi, skuad asuhan Jrgen Klopp ini ditaksir memiliki nilai 1,33 miliar Euro. Musim lalu Liverpool bertengger di posisi empat dan berhasil mengamankan tiket ke Liga Champions Eropa.Philippe Cautinho, Sadio Mane dan Roberto Firmino merupakan tiga ujung tombak yang juga mengantongi banderol termahal.

#7 Chelsea

Soal keuangan, Chelsea yang sepenuhnya dimiliki miliarder Russia Roman Abramovich bukan termasuk kelas teri. Skuad asuhan Antonio Conte yang musim lalu merajai Liga Primer Inggris ini bertabur bintang-bintang ternama, seperti Eden Hazard atau Diego Costa.

Tidak heran jika Forbes menaksir nilai skuad Chelsea sebesar 1,65 miliar Euro.

#6 Arsenal

Terlepas dari FA Cup, kiprah Arsenal musim lalu tidak bisa dibilang sukses. Klub besutan Arsene Wenger ini untuk pertamakalinya gagal mengantongi tiket Liga Champions Eropa sejak lebih dari satu dekade terakhir. Tidak heran jika Arsenal kehilangan nilai pasar sebesar 4 persen menjadi 1,72 miliar Euro.

#5 Manchester City

Sejak dibeli oleh Sheikh Mansour dari Abu Dhabi, Manchester City yang tadinya berkutat di papan bawah sebagai klub gurem menjelma menjadi kampiun Inggris.

Transformasi tersebut terjadi melalui pembelian pemain-pemain ternama di dunia. Meski musim lalu tergolong gagal panen, City tetap memiliki skuad papan atas bernilai 1,85 miliar Euro.

#4 Bayern Mnchen

Langganan juara Bundesliga Jerman ini adalah contoh bagaimana klub Eropa bisa mengelola kesuksesan tanpa harus bergantung pada hartawan berkocek tebal.

Musim depan FC Bayern bahkan berniat membeli sejumlah pemain tambahan. Menurut Forbes saat ini pemain-pemain FC Bayern memiliki nilai 2,41 miliar Euro.

#3 Real Madrid

Kendati berjuluk Galacticos, skuad Real Madrid hanya mendarat di posisi tiga dengan nilai 3,18 miliar Euro. Salah satu alasannya bisa jadi adalah usia pemain yang saat ini berkisar 27,3 tahun.

Tapi Real Madrid adalah raja sepakbola Eropa. Tidak hanya merengkuh gelar ke-12 Liga Champions, Real juga menjadi klub pertama yang merajai turnamen paling bergengsi di Eropa itu dua kali berturut-turut.

#2 FC Barcelona

FC Barcelona adalah korban ambisi sendiri. Karena untuk setiap tim yang memiliki bintang dunia seperti Messi, Neymar dan Suarez, juara Piala Liga saja tidak cukup.

Terlebih Barcelona sedang merogoh dalam koceknya untuk meminang pemain tenar seharga 126 juta Euro musim depan. Saat ini nilai skuad Barca ditaksir sebesar 3,24 miliar Euro.

#1 Manchester United

Siapa menyangka bila Manchester United yang musim lalu mendarat di posisi enam, meski kemudian menjuarai Liga Eropa, tercatat sebagai klub dengan skuad termahal di dunia dengan nilai 3,28 miliar Euro.

Paul Pogba dan David De Gea yang dibanderol sekitar 120 juta Euro adalah dua pemain paling berharga yang dimiliki United saat ini.

Lalu, bagaimana dengan klub sepakbola di Indonesia? (Lang)