Antisipasi Kejadian Alam, Pemerintah Siapkan Alat Berat di Posko Mudik

0
21
Pemerintah Siagakan Alat Berat Antisipasi Longsor. (Ist)

CIAMIS, Inspirasibangsa (12/6) — Pemerintah terus memberikan perhatian untuk para pemudik, mulai dari transportasi sampai fasilitas infrastruktur jalan tol. Satu lagi antisipasi kejadian alam, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendirikan sejumlah posko dan menyiagakan alat berat di sejumlah titik rawan longsor yang terdapat di jalan nasional.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadie Moerwanto menyatakan, pihaknya mendirikan empat posko Bina Marga yang bernama Posko Sapta Taruna di jalur lintas selatan Jawa sejak Nagreg hingga Batas Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pihaknya akan menggabungkan tim kesehatan dan menyiagakan alat berat di posko tersebut dan material penambal jalan.

“Dengan sistem yang terintegrasi, bila ada material di satu posko habis, akan dioper ke posko lainnya,” ujarnya di posko Bina Marga di Ciung Wanara, Sabtu (10/06) seperti dikutip Bisnis.com.

Dia menambahkan, Ciung Wanara dipilih menjadi salah satu lokasi posko karena memiliki area parkir yang cukup luas untuk alat berat seperti eskavator.

Selain itu, lokasi wisata ini juga dekat dengan fasilitas umum seperti masjid dan mushala.

“Lokasi ini dipilih karena dekat dengan lokasi rawan berikutnya. Yang jelas tidak boleh menganggu lalu lintas,” ujarnya. (Lang)