Garuda Indonesia Akan Buka Rute Padang-Jedah November Mendatang

0
14
Bandara Minagkabau, padang akan buka rute ke Jedah, Arab Saudi November mendatang. (Ist)

PADANG, Inspirasibangsa (17/7) Seiring meningkatnya permintaan ibadah umroh ke Arab Saudi dari daerah Sumatera Barat, PT Garuda Indonesia Tbk., memastikan akan mengoperasikan penerbangan langsung rute Padang Jeddah mulai November mendatang.

General Manager Garuda Indonesia cabang Padang Sonny Syahlan menyebutkan potensi penumpang umroh di daerah itu sangat besar, sehingga perlu dilayani dengan penerbangan langsung ke tanah suci.

Minat masyarakat Sumbar untuk umroh sangat besar sekali, potensinya bagus. Termasuk dari provinsi tetangga Riau dan Jambi, kata Sonny, Minggu (16/7) sepeti dilansir Bisnis.com.

Dia menyebutkan selama ini masyarakat Sumbar harus berangkat umroh melalui Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Kuala Namu Medan, maupun dari Kuala Lumpur.

Dengan penerbangan langsung tersebut, Sonny meyakini selain bisa memberikan pelayanan kepada jemaah umroh asal daerah itu dan sekitarnya, juga berkontribusi meningkatkan pendapatan perusahaan.

Sonny mengatakan penerbangan Padang-Jeddah merupakan kerjasama dengan PT AET Penjuru Wisata Negeri yang akan melakukan penjualan tiket umroh kepada masyarakat.

Sesuai rencana, penerbangan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dilakukan setiap pekan yakni pada Minggu pukul 14.00 WIB dengan armada Airbus A 330-300.

Sebelumnya, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan tengah menjajaki kemungkinan maskapai asal Timur Tegah untuk transit di Padang.

Kami coba jajaki kemungkinan Emirates [maskapai asal Uni Emirat Arab] yang terbang ke Australia transit di Padang. Karena mereka lewat di atas udara kita, katanya.

Mahyeldi menilai daerahnya memiliki potensi jemaah umroh mencapai 3.000 orang per bulan yang bisa menjadi modal bagi maskapai untuk membuka rute langsung dari Padang ke Timur Tengah.

Dia meyakini jika penerbangan langsung ke Timur Tengah sudah ada, maka akan memudahkan promosi dan pengembangan pariwisata Sumbar yang memprioritaskan wisata halal.

Sementara, Ahmad Hasan, Agency pejalanan Umroh dari Aminareka Perdana wilayah Sumatera, bersyukur jika penebangan langsung dari Padang ke Jedah dibuka oleh Garuda Indonesia, ia mengatakan bisa memangkas biaya umroh kalau calon jamaah dari Riau, Jambi, dan masyarakat Sumatera Barat sendiri.

“Mereka bisa menghemat untuk transportasi ke Jakarta maupun Medan. Kami bisa bernafas lega kalau November medatang Garuda Indonesia buka rute langsung ke Jedah, saya bisa tawarkan biaya lebih hemat,” tandas Ahmad Hasan kepada Inspirasibangsa lewat saluran telepon. (Lang)